Technical Support

Informasi Pendaftaran

Ads
 

0-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z 

Hospital

Articles

No articles created.

"Kami Sahabat Keluarga", Rumah Sakit Ibu & Anak Family merupakan sahabat keluarga yang membantu mewujudkan keluarga (FAMILY) bahagia & sehat dengan pelayanan penuh kasih.

Dengan berkembangnya pertumbuhan penduduk di Jakarta yang semakin pesat dan semakin berkembangnya kebutuhan pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak, maka kami mendirikan sebuah Rumah Sakit di wilayah utara kota Jakarta khusus untuk melayani kebutuhan kesehatan tersebut.

RSIA Family mulai beroperasional sejak tanggal 25 Maret 2002 dengan bangunan 2 lantai, 19 tempat tidur, 2 dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan dan 1 dokter Spesialis Anak, 2 dokter Spesialis Anestesi, Instalasi Farmasi, Laboratorium dan Fisioterapi.

Setelah berjalan 2 tahun, fasilitas yang disediakan tidak mencukupi, maka dilakukan peningkatan fisik bangunan dan pelayanan; menjadi 4 lantai, dengan 51 tempat tidur, lebih dari 10 dokter Spesialis Kebidanan dan kandungan, lebih dari 5 dokter Spesialis Anak, dokter Spesialis Gizi, dokter Spesialis Penyakit Dalam, dokter umum, pelayanan penunjang USG 3D/4D, Klinik Fertilitas dan Bayi Tabung, Senam Hamil dan Radiologi.

Kontak Kami :
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi:
RS. Ibu dan Anak Family
Jl. Pluit Mas 1 Blok A. 2A-5A
Jakarta Utara 14450
Telp. +6221 669 5066, 6694990 (Hunting)
Fax. +6221 661 5563
Email: info@rsiafamily.com
http://www.rsiafamily.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 10, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Klinik Bersalin YPK di Jalan Gereja Theresia No. 22 mulai berfungsi pada tanggal 1 Maret 1960.
Klinik Bersalin dengan enam buah tempat tidur ini menempati rumah yang sedianya ditempati oleh Bapak Sumanang SH (alm).
Dr. Santo Kromohardjo memimpin Klinik Bersalin ini sampai tahun 1967. Sejak tahun 1967 sampai 1981 Klinik Bersalin YPK dipimpin oleh dr. Sudraji Sumapraja yang meletakkan dasar-dasar pengembangan Rumah Bersalin ini selanjutnya.



Kepala Dinas Kesehatan dr. Herman Soesilo, MPH atas nama Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dengan Surat Keputusan No. 001/IRSB/71 tanggal 22 Desember 1971 telah memberikan izin kepada YPK untuk mengubah Klinik Bersalin menjadi Rumah Sakit Bersalin YPK.

Tahun 1981-1984 pimpinan RSB YPK dijabat oleh dr. Djohar Djalil (alm).

Pada tahun 1982 RSB YPK berhasil memperluas sayapnya ke Jalan Lombok, sehingga kompleks Jalan Gereja Theresia 22 seluruhnya digunakan untuk pelayanan rawat jalan, pelayanan tindakan dan kantor YPK. Kompleks Jalan Lombok seluruhnya digunakan untuk pelayanan rawat tinggal.

Pimpinan RSB YPK periode 1984-1987 kembali dipegang Dr. dr. Sudraji Sumapraja, dengan wakil kepalanya masing-masing dr. Abdul Bari Saifuddin, MPH dan dr. H. Sofyan Ismael.

Tahun 1987 sampai 2000 pimpinan RSB YPK dipegang oleh Prof. dr. Abdul Bari Saifuddin (sebagai kepala), dan Prof. dr. H. Sofyan Ismael (sebagai wakil kepala). dr. M.S. Nadir Chan bertindak sebagai Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Purnawaktu merangkap sebagai Direktur Pelaksana RSB YPK. Prof. Dr. Sudraji Sumapraja diangkat sebagai Ketua Tim Medik dengan dr. H. Trijatmo Rachimhadhi sebagai Sekretaris Tim Medik.

Pada bulan Mei 2000 YPK dilebur ke dalam Yayasan Kesehatan Bank Mandiri yang dipimpin oleh Bapak Ibnu Widanarto, SH dan dr. Ari Utami Sudiro, MARS. Pimpinan RSB YPK periode 2000-2007 terdiri atas: Prof. dr. Abdul Bari Saifuddin, MPH (Direktur), dr. M.S Nadir Chan (Asdir Medik), Sunarwati (Asdir Administrasi), Prof. dr. H Sofyan Ismael (Ketua Komite Medik), Danimar Ibrahim (Pengendalian Mutu Pelayanan), dan Nurbaiti (Sekretaris Direktur), Prof. Dr. Sudraji Sumapraja diangkat sebagai Penasihat Pimpinan RSB YPK.

Sejak Juni 2007 Pimpinan RSB YPK terdiri atas: dr. Trijatmo Rachimhadhi, SpOG(K) (Direktur), dr. M.S Nadir Chan, SpOG(K) (Wadir Medik), Drs. Rawat Harsodjo, Ak.MM (Wadir Keuangan), dr. Budi Iman Santoso, SpOG(K) (Ketua Komite Medik), Prof. dr. Abdul Bari Saifuddin, SpOG(K), MPH, Prof.dr. H. Sofyan Ismael, SpAK, dan Drs. Towil Heryoto diangkat sebagai Penasihat Pimpinan RSB YPK.

Selanjutnya, pada tahun 2010 status rumah sakit diubah menjadi Rumah Sakit Ibu (Perempuan) dan Anak dan dengan demikian nama rumah sakit berubah menjadi RSIA YPK Mandiri.
Perubahan status rumah sakit ini memberikan peluang yang lebih luas untuk mengembangkan dan menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan bagi kaum ibu (perempuan) dan anak. Sebelumnya dalam statusnya sebagai Rumah Sakit Bersalin, maka RSB YPK hanya dapat memberikan pelayanan utama bagi ibu hamil, ibu bersalin dan bayi baru lahir sehat.
Dengan berubah status menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak, maka RSIA YPK Mandiri dapat pula melayani dan merawat gangguan kesehatan pada kaum ibu (perempuan) selain masalah kehamilan dan persalinan, misalnya masalah menopause dan infertilitas. Demikian pula RSIA YPK Mandiri dapat melayani dan merawat gangguan kesehatan anak yang lain dalam setiap tahap tumbuh kembangnya, tidak hanya melayani bayi baru lahir sehat.

Rumah Sakit Ibu dan Anak YPK MANDIRI - Jl. Gereja Theresia 22, Menteng Jakarta Pusat
Telp. (021) 3909725 (hunting) Fax. (021) 3909806.
http://www.rsiaypkmandiri.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 11, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Selamat datang di Rumah Sakit Immanuel ( RSI ) Bandung, puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan bahwa RSI telah berhasil menghadirkan situs web-nya kepada publik sebagai sarana informasi dan komunikasi dari konsumen ke RSI dan sebaliknya.

RSI adalah Rumah Sakit Pendidikan Utama yang merupakan wahana pendidikan, pelayanan, penelitian dan pengembangan untuk tenaga profesi dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya. Saat ini RSI sedang menyongsong 100 tahun ( 1 abad )-nya pada tahun 2010 dan akan melanjutkan perjalanan sejarahnya untuk abad ke 2 .

Berita gembira bahwa RSI dikaruniai bangunan baru " Alkema Memorial Building " sebagai ungkapan syukur kepada founder dengan spiritnya untuk bisa berbagi kasih dan berperan lebih banyak kepada masyarakat dalam penyediaan fasilitas Kamar Bedah, Perawatan Intensif dewasa dan anak, perawatan intermediate dewasa dan anak, ruang maternitas serta ruang rawat klas, Vip, dan SVIP.

Selama 1 abad RSI telah teruji mampu berdedikasi Selama 100 tahun menghadapi segala tantangan dan hambatan ditengah-tengah krisis ekonomi, kompetisi dan globalisasi yang begitu hebat.

RSI juga telah mempunyai sederetan prestasi yang dapat dibanggakan dan semua ini dapat dilihat pada profile RSI secara lengkap, antara lain : Akreditasi Rumah Sakit untuk 16 bidang pelayanan dan ISO 9001 / 2008.

RSI berkomitmen melaksanakan Misi, Visi RSI dengan berlandaskan Kasih dan senantiasa mengupayakan pelayanan yang prima melalui peningkatan mutu sesuai dengan harapan konsumen. Untuk itu kami berterima kasih kepada Tuhan atas penyertaanNya serta masyarakat pengguna jasa kesehatan serta share-holder lainnya yang memberi kepercayaan kepada RSI untuk berperan di bumi Pasundan ini. Kami berterima kasih Anda telah masuk kedalam situs kami dan dipersilahkan untuk membuka fitur-fitur lainnya yang ada dalam situs web ini.

R.S. Immanuel Bandung
Kantor Sekretariat

Address:
Jl.Kopo No.161
Bandung - 40234
INDONESIA

Telephone: +62.22.520 1656
Fax: +62.22.522 4219
http://www.rsimmanuel.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 1; Listing added: Mar 4, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Bermula dari Health Centre lalu Medical Centre, berawal dari lingkup layanan kecil poliklinik umum, poliklinik Kesehatan Ibu dan Anak dan Keluarga Berencana di tahun 1971 kemudian diresmikan sebagai Rumah Sakit Madya pada tanggal 23 Oktober 1975, langkah demi langkah RSISA terus mengayuhkan derap layanan kesehatan secara istiqamah. Tahun 2002 menyambut makin derasnya kepercayaan umat, wajah baru RSISA berupa sarana bangunan dan peralatan medis baru ditampilkan ke hadapan publik. Semata untuk berkidmat semaksimal mungkin mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat pengguna. Berbagi Keteladanan Penampilan apik di semua lini pelayanan rumah sakit pun perlahan mengiringi penampilan baru RSISA.
Dari semenjak didirikan pada 17 Agustus 1971. Rumah Sakit yang terletak di Jl. Raya Kaligawe KM.4 dan berdekatan dengan pusat pertumbuhan industri ( LIK & Terboyo Industri Park ), RSI SA memulai pengabdiannya dengan pelayanan poliklinik umum, Kesehatan Ibu dan Anak untuk warga sekitar dua tahun berikutnya diresmikan sebagai Rumah Sakit Umum pada tanggal 23 Oktober 1973 dengan SK dari Menteri kesehatan nomor I 024/Yan Kes/I.O.75 tertanggal 23 Oktober 1975 diresmikan sebagai RS Tipe C (RS Tipe Madya).
Dengan berbekal motto "mencintai Allah dan menyayangi sesama" RSI SULTAN AGUNG menorehkan banyak pengabdian untuk masyarakat . Visi tersebut juga melandasi RSI SA untuk jauh lebih berkembang menuju sesuatu yang lebih baik. Baik perubahan secara fisik,(perkembangan rumah sakit) dan perubahan yang lebih diarahkan kepada pembangunan spiritual.
Pelayanan optimal untuk umat kini lebih dibuktikan lagi dengan kesanggupan pihak RSI SA untuk tidak membeda-bedakan segala jenis golongan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan diterimanya semua jenis asuransi yang dimiliki oleh pasien, mulai dari Asuransi Kesehatan (ASKES) PNS,Sukarela sampai Asuransi untuk masyarakat kurang mampu atau lebih dikenal dengan JAMKESMAS (Jaminanan Kesehatan Masyarakat). Sehingga dengan demikian, semua lapisan masyarakat yang menggunakan layanan kesehatan di RSI SA berhak menerima jenis tindakan kesehatan yang sama tanpa membeda-bedakan.
Keramahan, kenyamanan, kebersihan, menjadi sapa keseharian rumah sakit ini, kasih sayang menjadi sentuhan khas yang dihadirkan, dan falsafah selamat menyelamatkan menjadi landasan pengelolaan rumah sakit. Inilah ciri pelayanan kesehatan atas dasar nilai-nilai Islam yang diterapkan. Menunaikan moto mencintai Allah, menyayangi sesama, RSISA ingin berbagi keteladanan sebagai rumah sakit dakwah, pelayanan dan pendidikan terdepan.

Contact Us

RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG
Jl. Raya Kaligawe Km. 4 Semarang 50112
Telp. 024-6580019 (hunting)
Fax. 024-6581928
E-mail: rs@rsisultanagung.co.id
Website : www.rsisultanagung.co.id
WebBlog : www.rsisultanagung.info
http://www.rsisultanagung.co.id
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 4, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Rumah Sakit Jiwa Lawang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Juni 1902. Pengerjaan mendirikan rumah sakit ini dimulai tahun 1884 berdasarkan Surat Keputusan Kerajaan Belanda tertanggal 20 Desember 1865 No.100. Sebelum Rumah Sakit Jiwa Lawang dibuka, perawatan pasien mental diserahkan kepada Dinas kesehatan Tentara (Militaire Gezondheids Dienst).

Alamat :
Jl. Jend. A. YANI Lawang
Malang - Jawa Timur
Kode Pos : 65208

Contact Service :
(0341) 426015, 429067

UGD / Unit Gawat Darurat :
(0341) 423444

Faximile:
(0341) 423785

E-mail :
rsjlawang@yahoo.com
http://www.rsjlawang.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 11, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Rumah Sakit Kebonjati didirikan oleh perkumpulan masyarakat Tionghoa pada sekitar tahun 1943 dengan nama Chung Hua Ie Yuen yang berarti Rumah Sakit Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Chung Hua Chung Hui dengan gedung dan fasilitas yang sederhana diawali dengan pembukaan poliklinik.Dengan dibukanya poliklinik yang sederhana tersebut membangkitkan semangat para pengurus yayasan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

Dari waktu ke waktu Rumah Sakit Kebonjati terus berkembang dan semakin dikenal luas. Sambutan masyarakat semakin meningkat hal ini dapat dilihat dari datayang berkunjung ke Rumah Sakit Kebonjati banyak yang datang dari luar wilayah kota Bandung .

Dalam segi fisik dari waktu ke waktu Rumah Sakit Kebonjati mengalami perubahan Tahun 1948 menambah fasilitas diunit rawat jalan dan rawat inap . Tahun 1968 pembangunan dilanjutkan sehingga gedung menjadi tiga lantai . Peresmian gedung pada saat itu dilakukan oleh Menteri Kesehatan Dr. Siwabessy pada tahun 1972.Tahun 1999- 2000 dibangun Ruang Perawtan VIP dan Kelas Utama serta perbaikan tampak depan rumah sakit.
Keberadaan Rumah Sakit Kebonjati tetap eksis dalam keadaan apapun . Tahun 2001 telah terakreditasi Dasar , tahun 2008 telah terakreditasi lanjutan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia.


Contact :
RUMAH SAKIT KEBON JATI

Jalan Kebonjati No.152 Bandung - Indonesia
Telp. +62.22.6014058 - 6031969
Fax. +62.22.6079445
email.rskebonjati@bdg.centrin.net.id
www.rskebonjati.com
http://www.rskebonjati.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 1; Listing added: Mar 10, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Rumah Sakit Mata AINI merupakan satu institusi pelayanan kesehatan mata yang didirikan pada tahun 1980 atas inisiatif ibu Drg. Nani Ali Sadikin dengan dukungan kuat profesi yang diketuai oleh Prof. DR Isak Salim dan bantuan bapak Ali Sadikin yang saat itu menjabat Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Bantuan berbagai pihak dan tersedianya lahan seluas 5000 M2 didaerah Kuningan / Rasuna Said sebagai hibah dari Bapak Yan Darmadi untuk mewujudkan rumah sakit ini yang kemudian dikelola oleh Yayasan AINI sampai dengan tahun 2002 dan selanjutnya dikelola oleh PT AINI sebagai salah satu perusahaan milik Yayasan AINI.

Tujuan pendirian rumah sakit ini adalah untuk mengembangkan pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat luas di Jakarta khususnya dan seluruh rakyat Indonesia umumnya yang pada saat itu pelayanan tersebut hanya tersedia di Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Cipto Mangunkusumo.
Sebagaimana diketahui sampai saat ini prioritas pelayanan kesehatan mata di Indonesia masih jauh dari harapan berhubung masih banyak masalah kesehatan lain yang lebih diutamakan pemerintah. Melalui kerjasama dengan bagian mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pelayanan kesehatan mata di Rumah Sakit Mata AINI berkembang menjadi rumah sakit mata rujukan yang berkualitas tinggi.

Melalui perkembangan waktu dengan terus menerus mengikuti kemajuan ilmu teknologi kedokteran dan kesehatan mata membuat Rumah Sakit Mata AINI berhasil menyediakan pelayanan terbaiknya lewat 10 pelayanan khusus / subspesialty. Pelayanan kesehatan mata khusus tersebut ditangani oleh pakar di bidangnya yaitu Refraksi dan Lensa kontak, Vitreo-Retina, Katarak-Bedah Refraktif, Oftalmologi Pediatrik, Glaukoma, Neuro-Oftalmologi, Inflamasi-Immunologi, Okuloplastik-Rekonstruksi, Tumor Orbita dan Oftalmologi Komunitas. Dalam hal ini Rumah Sakit menyiapkan pelayanan unggulan (Center of Excellence) untuk Bedah Refraktif-Katarak, Oftalmologi-Pediatrik dan Vitreo-Retina sesuai dengan prioritas Vision 2020, the right to sight dalam hal buta katarak, buta pada anak dan buta akibat Retinopati Diabetes.

Dalam perjalanannya Rumah Sakit Mata AINI telah pula ditetapkan sebagai rumah sakit khusus tipe B pada tahun 2009 dan segera akan mendapatkan akreditasi pelayanan rumah sakit. Untuk pengembangan rumah sakit kedepan, Rumah Sakit Mata AINI mulai melakukan penelitian baik yang berupa penelitian klinis maupun yang berbasis komunitas.
Sehubungan dengan itu dalam rangka membantu Program Pemerintah menanggulangi masalah kebutaan dan gangguan penglihatan bagi masyarakat luas, Rumah Sakit Mata AINI turut meningkatkan awareness dan pengetahuan serta sikap masyarakat melalui kegiatan advokasi, penyuluhan, pelatihan dan skrining massal dengan tindak lanjutnya termasuk tindakan bedah katarak massal dan pemberian kaca mata baca anak. Kegiatan ini merupakan Corporate Social Responsibilty (CSR) Rumah Sakit Mata AINI dan dengan dukungan berbagai bantuan serta kerjasama pihak lain termasuk kerjasama dengan Pemda DKI, pihak Yayasan AINI dan CSR berbagai perusahaan diharapkan semua kegiatan tersebut dapat terlaksana.
Diharapkan peran Rumah Sakit Mata AINI dimasa depan lebih meningkat bagi masyarakat luas.

Kontak
Jl. Rumah Sakit Mata AINI HR. Rasuna Said, Jakarta Indonesia
Tel. : 021-5256228, 5271675
Fax : 021-5224288
Email : info@rsmataaini.co.id
Web : www.rsmataaini.co.id
http://rsmataaini.co.id/
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 11, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Selamat datang di situs RS. MATA UNDAAN

Nikmati layanan terbaik dan solusi terpadu bagi kesehatan mata anda 24 jam setiap hari. Layanan dan fasilitas dengan standar internasional yang didukung teknologi diagnostik dan pengobatan terkini.

VISI MISI DAN TUJUAN RUMAH SAKIT MATA UNDAAN

a) Visi

Menjadi pilihan utama masyarakat dalam pelayanan kesehatan mata
b) Misi

a. Memberikan pelayanan kesehatan mata melebihi harap pasien dengan harga terjangkau
b. Membentuk SDM Rumah Sakit yang profesional, menguasai teknologi yang memedai, produktif,
pembelajar, berintegritas, berkomitmen tinggi dan penuh dengan gagasan baru
c. Senantiasa melakukan penelitian guna meningkatkan dan mengembangkan pelayanan dan
sumber daya organisasi
d. Turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kwalitas pendidikan kesehatan mata
e. Membentuk Rumah Sakit yang ramah lingkungan
f. Peduli pada kesehatan mata masyarakat kurang mampu
c) Tujuan

1. Meraih kepercayaan masyarakat melalui upaya pelayanan kesehatan yang profesional,
berintegritas tinggi, efektif, efisien dan melebihi kepuasan pelangan
2. Memiliki SDM yang mempunyai kompetensi tinggi, meguasai teknologi, produktif jujur,
bertanggung jawab, berkomitmen tinggi dan inovatif
3. Meningkatkan produktifitas kerja sehingga mampu meningkatkan profitabilitas organisasi dan
kesejahteraan steakholder, dan
4. Menciptakan hubungan yang serasi, harmonis, asri dan sejuk dengan lingkungan rumah sakit
5. Mengembangkan pola kepeminpinan organisasi yang tepat untuk mencapai semua tujuan
diatas


Contact Information

Lokasi RS Mata Undaan

Jl. Undaan kulon no.19, Surabaya 60274 Indonesia
Tel : (031) 5343 806 - 5319 619
Fax :(031) 5317 503

Email: undaan_mata@yahoo.com
http://www.rsmataundaan.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 10, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
RSOS hadir sebagai solusi yang tepat bagi pasien kanker. Pelayanan kami berpegang pada prinsip 'Profesionalisme' dan 'Humanistik'. Dengan motto 'Sharing & Caring' kami menjadi teman pasien dan keluarga.


Visi
Menjadi solusi yang tepat untuk penanganan kasus onkologi.

Misi
Memberikan pelayanan onkologi sesuai dengan standar akademik dengan pembiayaan yang rasional.
Membangun SDM berbudaya kerja yang profesional serta berorientasi pada pelanggan.
Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian tentang onkologi
Menjalin kerjasama dengan pusat penanganan kanker nasional dan internasional


RS. Onkologi Surabaya
(Surabaya Oncology Hospital)

Araya Galaxy Bumi Permai Blok A2 / 7
Surabaya 60111, Indonesia
Phone +62 31 5914855
Fax +62 31 5914860
Email : info@rsonkologi.com
Website : www.rsonkologi.com
http://www.rsonkologi.com
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 10, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Sebelumnya bernama RSTP Ngawen Salatiga. Pada awal berdiri di tahun 1934, rumah sakit ini berfungsi sebagai tempat petirahan bagi penderita kesehatan paru yang pada masa itu lebih banyak didominasi oleh warga keturunan Belanda.
Dari fungsi awal tersebut, sampai saat ini masih banyak anggota masyarakat yang menyebutnya dengan Sanatorium. Pendirian Sanatorium tersebut dilatar belakangi dengan kondisi udara yang sejuk karena secara geografis daerah Ngawen Salatiga memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan air laut dengan suhu udara berkisar antara 18 – 29 C.
Kondisi tersebut dianggap sangat ideal sebagai tempat petirahan bagi masyarakat Belanda yang terganggu kesehatan parunya oleh karena wilayah Salatiga, Ambarawa dan sekitarnya banyak ditinggali oleh warga negara Belanda, mengingat kota Salatiga dan sekitarnya merupakan daerah konsentrasi militer/tentara Belanda dengan status sebagai daerah gemeente/kota praja.
Memasuki masa penjajahan Jepang, fungsi sanatorium ini masih tetap berlanjut, hanya penggunaannya sudah mulai dimanfaatkan oleh warga negara Indonesia (pribumi), meskipun pada saat itu pemberian pelayanan kesehatan belum juga dilaksanakan. Baru pada tahun 1952 meskipun masih dengan sebutan sanatorium, sudah mulai mulai dilakukan pemberian pelayanan ditandai dengan adanya tenaga dokter, paramedis dan peralatan untuk pengobatan penyakit TBC.
Sejalan dengan kebutuhan akan penanggulangan penyakit paru yang pada masa – masa tersebut memiliki angka kesakitan yang cukup tinggi, fungsi sanatorium dengan pemberian pelayanan ditegaskan lagi dengan penyebutan institusi ini sebagai Rumah Sakit Paru – Paru.
Rumah Sakit ini secara kelembagaan berada di bawah Departemen Kesehatan RI yang saat ini disebut dengan Kementrian Kesehatan, dengan struktur organisasi tidak jelas.
Baru pada tahun 1978 dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : 137/MenKes/SK/IV/1978 ditetapkan Struktur Organisasi yang lebih jelas tugas pokok dan fungsinya yaitu sebagai rumah sakit khusus yang menyelenggarakan pelayanan terhadap penderita penyakit TB paru, dengan sebutan RSTP. Beberapa sanatorium di Jawa Tengah yang ditetapkan sebagai RSTP hanya RSTP “Ngawen” Salatiga dan RSTP Kalibakung Slawi Tegal, sedangkan 3 ( tiga ) eks sanatorium, masing-masing di Semarang, Klaten dan Purwokerto dikonversi dengan Rumah Sakit Umum.
Selanjutnya pada tanggal 26 September 2002, dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI, nomor 1208/Menkes/SK/IX/2002, RSTP “Ngawen” Salatiga berubah nama menjadi Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga, dan merupakan satu-satunya rumah sakit paru di Provinsi Jawa Tengah.
Peluang ini menjadikan Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi rumah sakit, dengan cakupan wilayah yang cukup luas yaitu wilayah Jawa Tengah dan Provinsi lain yang tidak memiliki RSTP. Peluang ini bertambah besar bila ditinjau dari letak Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga yang berlokasi diantara 3 (tiga) kota besar yaitu Semarang, Yogyakarta dan Surakarta, dimana ketiga kota tersebut diharapkan mampu mendukung keberadaan Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga baik dalam pengadaan SDM, sarana maupun prasarana.
Perubahan situasi dan kondisi serta perilaku hidup masyarakat mengisyaratkan, bahwa kedepan seharusnya Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga kembali pada fungsi dan tugas pokok melaksanakan dan penanggulangan dan penyembuhan penyakit paru (tidak sebatas penanggulangan dan penyembuhan penyakit TB Paru saja). Tugas ini secara riil telah dilakukan oleh Rumah Sakit Tuberkulosa Paru- Paru “Ngawen” Salatiga.
Kemudian dengan terbitnya SK Menkes RI tanggal 26 Pebruari 2004 Nomor : 190/MENKES/SK/II/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Paru, yang meningkatkan tingkat eselonisasi menjadi eselon IIb, hal ini membawa konsekuensi bertambahnya beban kerja, kebutuhan dana SDM serta lebih luasnya cakupan pelayanan.
Kemudian tahun 2004 terbit SK Menkes RI tanggal 26 Pebruari 2004 Nomor: 190/MENKES/SK/II/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Paru, yang membawa konsekuensi bertambahnya beban kerja, kebutuhan dana dan SDM serta lebih luasnya cakupan pelayanan, dengan nama RSP dr Ario Wirawan Salatiga, sebagai rumah sakit eselon IIb.
Kebijakan pemerintah selanjutnya, dalam hal ini Departemen Kesehatan RI menetapkan bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Depkes RI sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK-BLU) berdasarkan SK Menteri Keuangan no.274/KMK.05/2007 tanggal 21 Juni 2007 dan SK Menteri Kesehatan No. 756/Menkes/SK/VI/2007 tanggal 26 Juni 2007.
Perkembangan selanjutnya dengan diterbitkannya Permenkes Nomor 249/Menkes/Per/III/2008, tentang Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga mempunyai kesempatan untuk lebih berkembang, hal ini juga didukung dengan keluarnya SK Menteri Kesehatan RI Nomor 438/Menkes/SK/VI/2009 tanggal 18 Juni 2009, tentang Peningkatan Kelas Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga menjadi Rumah Sakit Khusus Kelas A, sehingga Rumah sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga dapat lebih fleksibel dalam melaksanakan pengelolaan keuangan, peningkatan dan pengembangan pelayanan guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara paripurna.


RSPAW OFFICE :

Address:Jl. Hasanuddin No. 806 Salatiga
Jawa Tengah, Indonesia
Phone:(0298) 326130
Fax:(0298) 322703
Email:rsp_salatiga@rspaw.or.id
humas_rspaw@yahoo.com
http://www.rspaw.or.id
PageRank: 0/10
(Clicks: 0; Listing added: Mar 11, 2012) Listing Details Report Broken  Listing
Sort listings by: Alphabetic Date Clicks Rank    ascending | descending
Google Map
Accounts area
Daftarkan Website Anda Sekarang Juga

FREE!!!
LOGIN Account
Username:
Password:

Lupa Kata Sandi?
PageRanks